Implikasi Beban Kerja dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Lombok Barat

Authors

Muhammad Muzakki , Wiwin Indriani , Sudirman Sudirman

Published:

2025-06-10

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): Juni

Keywords:

Beban Kerja, Iklim Sekolah, Implikasi, Kinerja Guru

Articles

Downloads

How to Cite

Muzakki, M., Indriani, W., & Sudirman, S. (2025). Implikasi Beban Kerja dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Lombok Barat. Jurnal Ilmu Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 7–15. Retrieved from https://journals.widhatulfaeha.id/index.php/jitp/article/view/82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi beban kerja dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Lombok Barat. Pendekatan kualitatif deskriptif dipilih untuk menjelaskan fenomena ini dari perspektif guru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan para guru dan analisis dokumen terkait. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk memastikan keabsahan data dengan mengonfirmasi informasi antar sumber yaitu guru, kepala sekolah dan siswa. Analisis data dilakukan secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja dan iklim sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Beban kerja yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan stress, sehingga mengurangi motivasi dan produktivitas guru. Sebaliknya iklim sekolah yang positif dan suportif dapat meningkatkan semangat dan kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa beban kerja dan iklim sekolah merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja guru. diperlukan upaya untuk mengoptimalkan beban kerja dan iklim sekolah yang kondusif agar guru dapat bekerja secara efektif dan mencapai kinerja yang optimal. 

Author Biographies

Muhammad Muzakki, Universitas Mataram

Wiwin Indriani, Universitas Mataram

Sudirman Sudirman, Universitas Mataram