Jurnal Literasi Pendidikan Indonesia

 
Journal title : Jurnal Literasi Pendidikan Indonesia
Initials : JLPI
Editor-in-chief : Dr. Lalu Sumardi, M.PD  
Online ISSN : xxxx-xxxxx  
DOI Prefix : 00.0000/ijce
Indexing : Google Scholar and view more  
Peer Review Process : blind-Review 
Frequency : Three times (April, August, and December)
Publisher : Siti Widhatul Faeha Salahudin Syawal Foundation  
Citation Analysis : Dimensions, Google Scholar
Language : English and Indonesian

 

Jurnal Literasi Pendidikan Indonesia (JLPI) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian, kajian teoretis, dan praktik inovatif di bidang literasi dan pendidikan. JLPI hadir sebagai wadah akademik untuk mendorong pertukaran pengetahuan dan pengembangan pemikiran kritis mengenai beragam bentuk literasi di era global, baik dalam konteks pendidikan formal, nonformal, maupun informal.

Jurnal ini terbuka bagi akademisi, peneliti, guru, praktisi pendidikan, dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah yang relevan dengan isu-isu kontemporer, mulai dari literasi dasar hingga literasi transformatif yang terintegrasi dalam kurikulum dan pemberdayaan masyarakat. JLPI terbit dua kali dalam setahun dan menggunakan sistem review blind review untuk menjamin kualitas dan objektivitas artikel yang diterbitkan.

Tujuan utama Jurnal Literasi Pendidikan Indonesia (JLPI) adalah; (1) menyediakan forum ilmiah untuk pengembangan kajian literasi dalam konteks pendidikan nasional dan global; (2) mendorong inovasi dalam pengajaran literasi yang berbasis teknologi, budaya lokal, dan pendekatan partisipatif; (3) menggali peran literasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pemberdayaan masyarakat, dan transformasi sosial; dan (4) menjadi rujukan akademik dalam perumusan kebijakan dan pengembangan kurikulum literasi di berbagai jenjang pendidikan.

Focus and Scope:

Jurnal Literasi Pendidikan Indonesia (JLPI) mempublikasikan karya ilmiah yang berfokus pada pengembangan dan penguatan literasi dalam berbagai dimensi pendidikan, baik formal, nonformal, maupun informal. JLPI mencakup kajian literasi dasar hingga literasi transformatif yang terintegrasi dalam pembelajaran, kebijakan pendidikan, serta pemberdayaan masyarakat.
Topik-topik yang menjadi ruang lingkup dan fokus jurnal ini meliputi;

  • Literasi membaca, menulis, numerasi, digital, sains, finansial, media, dan lingkungan;Literasi berbasis budaya lokal, kearifan tradisional, dan konteks komunitas;Integrasi
  • literasi dalam kurikulum dan pembelajaran lintas mata pelajaran;
  • Pengembangan model, pendekatan, strategi, dan media pembelajaran literatif;
  • Evaluasi, asesmen, serta intervensi program literasi berbasis teknologi dan sosial budaya;
  • Praktik inovatif guru dan kebijakan pendidikan terkait literasi di tingkat lokal hingga global;

JLPI berkomitmen menjadi platform akademik yang mendorong inovasi literasi untuk menjawab tantangan pendidikan dan transformasi sosial di era modern.

Announcements